Jumat, 18 Desember 2015

TABEL ANALISIS


TABEL ANALISIS
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester            : IV (empat) / II (dua)
Alokasi Waktu            : 2 x 35 menit

No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Model
Metode
Media
Sintak
1.                  
2.    Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten / kota dan   provinsi
2.3      Mengenal perkembangan teknologi produksi komunikasi dan transportasi serta manfaat dalam kehidupan sehari-hari

2.3.4      Menyebutkan macam-macam alat komunikasi masa lalu dan                                             masa kini (modern).
2.3.5     Membandingkan/membedakan jenis teknologi komunikasi masa lalu dan masa kini (modern)
2.3.6     menyebutkan manfaat teknologi komunikasi masa lalu dan masa kini (modern).
Perkembanngan teknologi komunikasi
Pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions)
·      Ceramah
·      Tanya jawab
·      Diskusi
·      penugasan
Gambar dan Puzzle
1.        guru membentuk kelompok heterogen yang berisi 4-6 siswa.
2.        Guru melakukan presentasi dengan menjelaskan atau memaparkan materi pembelajaran.
3.        Guru memeberikan tugas kepada kelompok untuk berdiskusi.
4.        Guru membolehkan siswa yang cepat belajar untuk mengajari siswa yang lambat belajar sehingga akhirnya semua siswa akhirnya menjadi tahu.
5.        Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.
6.        Guru memberikan penuguasan kepada setiap siswa. Dalam hal ini tidak boleh ada siswa yang saling member tahu.
7.        Guru melakukan refleksi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar