Jumat, 18 Desember 2015

MENULIS SEBAGAI SUATU HASIL

MENULIS SEBAGAI SUATU HASIL

Menulis sebagai suatu hasil merupakan hasil yang didapatkan ketika siswa setelah melakukan pembelajaran menulis, sesuai dengan ruang lingkup pembelajaran menulis di SD kelas rendah hasil yang didapat siswa setelah menulis adalah sebagai berikut:

1.        Hasil Menulis Dikelas Satu
Menulis permulaan di kelas 1 ini menggunakan huruf-huruf kecil, tujuannya peserta didik dapat memahami cara menulis permulaan dengan ejaan yang benar dan mengkomunikasikan ide/pesan secara tertulis. Penyajian pembelajaran menulis di kelas 1 ini dilakukan secara bertahap maka siswa di kelas 1 akan menghasilkan tulisan dengan huruf perhuruf, kemudian belajar menulis persuku kata, naik lagi menjadi kata-kata atau menulis kalimat sangat sederhana.

1).           Mengenal huruf
Karena dalam pembelajaran siswa telah memperhatiakan tulisan dan pelafalanya,baik tulisan cetak huruf lepas maupun huruf tegak bersambung, sehingga siswa telah  terlatih indranya untuk mengenal suatau bantuk  tulisan.
Misalnya dengan mengenal huruf-huruf dengan banyak cara yang digunakan guru untuk memebantu siswanya menghafal dan mengenal huruf-huruf misalnya dengan cara menulis di udara, menulis huruf di punggung temannya, dan menulis di atas pasir. Setelah siswa memahami guru dapat memberikan latiah seperti di bawah ini:
hask.PNG
kshd.PNG

Dengan diberikan latihan seperti ini, siswa mampu menghasilkan huruf-huruf yang telah dipelajarinya dengan mengurutkan huruf-huruf menjadi satu kesatuan yang baik dan benar.

2).           Mengeblat
Mengeblat adalah menirukan atau menebalkan suatu tulisan dengan menindas tulisan yang sudah ada. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan seperti memakai karbon, memakai kertas tipis, menebalkan tulisan yang sudah ada.
Misalnya dengan menebalkan nama seperti pada gambar di bawah ini:
kshdks.PNG

3).      Menyalin
Menyalin adalah kegiatan menulis dengan cara meniru tulisan yang terdapat  dalam buku pelajaran atau tulisan guru dipapan tulis. Untuk itu siswa sudah bisa menghasilkan tulisan dengan menyalin tulisan yang guru tuliskan di papan tulis.

4).      Menuliskan Huruf Persuku Kata
Selain belajar mengenal huruf, siswa di kelas satu juga mulai belajar membuat kata dari suku kata seperti di bawah ini:
baca
ba-ca
…..-ca
buku
bu-ku
bu-…..
laci
la-ci
la-…..
meja
me-ja
…..-ja

5).      Menuliskan Nama
Menulis di kelas satu, siswa sudah mampu menghasilkan tulisan dengan menuliskan nama-nama orang seperti di bawah ini:
djhf.PNGkshdks.PNG
Siswa diinstruksikan untuk menuliskan nama-nama orang yang berada disekelilingnya dengan cara menebalkan teks yang telah disediakan oleh gurunya, setelah menebalkan siswa mampu menuliskan nama-nama orang yang berada disekelilingnya.

6).      Mengarang Sederhana
Karena dalam kegiatan pembelajaran siswa telah dilatihan membuat karangan sederhana sehingga siswa dapat melakukan kegiatan menulis dengan membuat kalimat tiga sampai lima baris yang sesuai dengan yang ada dipikirannya dan pengalaman pribadinya.

2.        Hasil Menulis Dikelas Dua Dan Tiga
1).           Menyalin
Sisiwa mampu menghasilkan tulisan dengan:
a.         Menjiplak menyalin tulisan dipapan tulis dalam buku pelajaran sesuai dengan bunyi bacaan.
b.        Menyalin dari tulisan cetak (lepas) ketulisan sambung atau sebaliknya.
c.         Menyalin dari huruf kecil ke huruf besar pada huruf awal diawal kalimat
d.        Menyalin dengan cara  melengkapi yakni dengan cara melengkapi tanda baca,dan melengkapi tanda kata.
2).           Menulis halus atau indah
Hasil dari pembelajaran menulis indah/halus yang perlu diperhatikan adalah bentuk, ukuran tebal tipis dan kerapianya. Dengan begitu hasil tulisan kelas 1 akan berbeda dengan hasil tulisan kelas 2 yang menitik beratkan pada bentuk, ukuran dan kerapian tulisan yang dihasilkan.

3).           Dikte/Imtak
Dalam kegiatan pemebalajaran menulis siswa telah dilatih oleh guru untuk menulis secara didikte sehingga siswa mampu menghasilkan tulisan berupa kalimat yang pada huruf awal katanya menggunakan huruf besar, penggunaan tanda baca atau diftong dalam kata.

4).           Menuliskan Nama
Menuliskan nama ini berbeda dengan menuliskan nama di kelas 1, Siswa diberikan tugas untuk menuliskan nama-nama benda, orang, jalan, nama desa, nama kota ,binatang, tumbuhan dan sebagainya. Sehingga hasil penulisannya menggunakan huruf besar diawal kalimat atau kata, ini merupakan latihan dasar mengarang .


5).           Mengarang Sederhana

Dalam kegiatan pembelajaran menulis siswa dilatih untuk mengarang dengan menggunakan bentuk sederhana cukup lima sampai sepuluh kalimat, latihan ini dengan menggunakn rangsangan visual berupa gambar. Selain itu, siswa mampu menghasilkan cerita dengan menyusun cerita sesuai dangan gambar. Selain itu dapat juga dilakukan berdasrkan pengalaman ,cerita dari bangun tidur sampai akan berangkat sekolah atau dalam pelajaran menuju sekolah dan sebaginya. Dalam mengarang sederhana di kelas dua kerapian, ketetapan ejaan dan isi karangan ditekankan kepada siswa untuk diperhatikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar