Jumat, 18 Desember 2015

makalah seni tari

BAB I
SILABUS DAN KURIKULUM PENDIDIKAN SENI TARI DI SD

TARI NONA JAMU
I.         Silabus Mata Pelajaran Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan (Seni Tari)

Mata Pelajaran : Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan ( Seni Tari)
Nama Sekolah   : SD Negeri 12 Pandeglang
Kelas/Semester                : V (Lima)/ 1 (Satu)
Nama Guru         :

a.        Tujuan Mata Pelajaran
Mata Pelajaran pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan (seni tari) disini memiliki tujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
1.       Memiliki pengetahuan awal tentang kesenian khusunya seni tari Nusantara daerah setempat maupun daerah lain dan tari kreasi.
2.       Memahami unsur-unsur yang terkandung dalam tari (ruang, waktu, tenaga)
3.       Memiliki sikap apresiasi terhadap kesenian tari Nusantara daerah setempat maupun daerah lain serta tari kreasi.
4.       Memiliki keterampilan dan kreativitas yang tinggi
5.       Mencintai dan menghargai berbagai kesenian tari baik tarian Nusantara setempat maupun Nusantara daerah lain.

b.        Deskripsi
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan memiliki keunikan, kebermaknaan, dan kebermanfaatan terhadap kebutuhan perkembangan peserta didik, yang terletak pada pemberian pengalaman estetik dalam bentuk kegiatan berekspresi/berkreasi dan berapresiasi. Untuk itu dalam pembelajaran pendidik harus mampu menciptakan kegiatan pemebelajaran yang menyenangkan sehingga siswa termotivasi untuk belajar kesenian.
Ruang lingkup pembelajaran pendidikan seni budaya dan keterampilan seni tari mencakup keterampilan gerak berdasarkan olah tubuh dengan dan tanpa rangsangan bunyi, apresiasi terhadap gerak tari. Untuk itu, dalam setiap kegiatan pembealajaran siswa akan diberikan berbagai wawasan baik itu wawasan pengetahuan mengenai berbagai macam jenis tarian di Nusantara baik itu di daerah sendiri maupun daerah lain, mempraktikan gerak tarian daerah lain maupun daerah sendiri dan siswa memunculkan sikap yang kreatif, disiplin, kerja sama dan bertanggung jawab selama kegiatan pembelajaran.
Strategi yang digunakan dalam mata pelajaran pendidikan seni budaya dan keterampilan seni tari kali ini menggunakan pendekatan student centered, dengan menggunakan strategi pembelajaran kontekstual, inquiri, ekspository dan kooperatif dan metode pembelajaran dengan cara cerama, tanya jawab, diskusi, penugasan demonstrasi dan karya wisata.
Topik-topik bahasan seni budaya dan keterampilan (seni tari) dalam setiap pertemuan:
Pertemuan ke-
Topik yang dibahas
Strategi dan metode/kegiatan belajar mengajar
Sumber belajar
Tugas dan evaluasi
1.        
Pengertian seni tari dan fungsi seni tari.
Macam-macam seni tari di seluruh Nusantara.
Pembelajaran ekspositori
Ceramah dan tanya jawab
Buku pelajaran seni budaya dan keterampilan SD.
Media gambar macam-macam tarian Nusantara.

2.       
Mengenal unsur-unsur yang terkandung dalam seni tari, khususnya seni tari nusantara.
Pembelajaraan kooperatif
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
Buku paket Pendidikan Seni dan Keterampilan SD

3.       
Mengidentifikasi gerak, simbol, busana, dan perlengkapan yang terdapat pada seni tari Nusantara.
Pembelajaraan kooperatif
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
Buku paket Pendidikan Seni dan keterampilan

4.       
Mengenal jenis seni tari daerah setempat (rampak bedug).
Sejarah mengenai kesenian rampak bedug
Pembelajaran ekspositori
Ceramah, tanya jawab, dan karya wisata
Buku Paket Pendidikan Seni dan Keterampilan SD
Media gambar
Internet 

5.       
Menjelaskan fungsi, manfaat dan tujuan dari kesenian rampak bedug
Pembelajaran kooperatif
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
Buku Paket Pendidikan Seni dan Keterampilan SD
Internet

6.       
Mengidentifikasi gerak, simbol, busana, dan perlengkapan tari rampak bedug.
Pembelajaran kooperatif
Diskusi, tanya jawab dan penugasaan
Buku Pendidikan Seni dan Keterampilan
Media audiovisual

7.       
Menampilkan sikap apresiatif terhadap simbol dan keunikan gerak, busana, serta perlengkapan karya seni tari daerah setempat (rampak bedug)
Praktik
Pembelajaraan Kooperatif
Ceramah, Tanya jawab dan demonstrasi
Media audiovisual

8.       
UTS
Tes tulis
dan praktik secara berkelompok


9.       
Mengenal seni tari nusantara daerah lain dan tari kreasi
Pembelajaran ekspositori
Ceramah dan tanya jawab
Buku Paket Pendidikan Seni dan Keterampilan SD
Media gambar
Internet

10.   
Menjelaskan fungsi, manfaat dan tujuan dari tari kreasi
Pembelajaran kooperatif
Diskusi dan tanya jawab
Buku Pendidikan Seni dan Keterampilan
Media gambar dan audiovisual

11.   
Mengidentifikasi gerak, simbol, busana, dan perlengkapan tari kreasi
Pembelajaran kooperatif
Diskusi, tanya jawab dan penugasaan


12.   
Menampilkan sikap apresiatif terhadap simbol dan keunikan gerak, busana, serta perlengkapan karya seni tari kreasi.
Pembelajaraan Kooperatif
Ceramah, diskusi,  tanya jawab dan demonstrasi
Media audiovisual

13.   
Memeragakan tari kreasi sesuai dengan iringan lagu/praktik
Pembelajaran kooperatif
Praktik
Media audiovisual
Media elektronik

14.   
Mengkaji ulang tari kreasi

Pembelajaran inquiry
Ceramah, diskusi dan Tanya jawab
Buku paket dan media internet

15.   
Persiapan panggung dan pementasan
Pembelajaran kooperatif
Property yang dibutuhkan dalam pementasan

16.   
UAS
Praktik langsung dalam pementasan langsung di atas panggung lengkap dengan unsur-unsur tarian


               
Evaluasi:
a.       Kehadiaran                                              = 10%
b.      Keaktifan ketika berdiskusi               = 15%
c.       Tugas                                                         = 20%
Tugas-tugas berupa:
1.       Hasil laporan karya wisata
2.       Kliping macam-macam tarian Nusantara daerah sendiri dan daerah lain
3.       Mempertunjukan tarian yang telah dipelajari
d.      UTS                                                             = 25%
e.      UAS                                                            = 30%





























BAB II
KONSEP GARAP SENI TARI
1.      Judul Karya Tari
Garapan karya tari diberi judul yang sesuai dengan tema atau cerita yang dipilih (bentuk dramatari maupun bentuk tari tunggal, pasangan atau kelompok).
Karena dengan membaca judul seorang penonton akan dapat memproleh gambaran umum tentang gerakan-gerakan tarinya. Memilih judul yang komunikatif dan mudah dimengerti oleh banyak orang adalah hal terbaik.
Tari yang akan kami sajikan berjudul tari “Nona Jamu”, yang bertemakan profesi sehari-hari.

2.      Sumber Garap
   Sumber garap pada tarian kami berasal dari kegiatan tukang jamu yang dapat kita lihat sehari-hari.

3.      Tipe Tarian
   Tarian yang digunakan yaitu tari berkelompok, dan gerakannya lemah gemulai

4.      Konsep Gerak
   Konsep gerak yang digunakan dalam tarian yang akan kami sajikan bersumber dari gerak dalam kehidupan disekitar kita yaitu gerak tari profesi seorang penjual jamu.

5.      Konsep Musik
   Konsep musik yang digunakan yaitu musik ekternal, yang berasal dari lagu mp3 yang merupakan musik gamelan dan lagu Lir-Ilir yang telah di aransement menjadi lebih modern

6.      Tata Pentas
Tata teknik pentas menyangkut tempat pertunjukan yang akan digunakan, penataan tata letak panggung, dekor property, tata lampu , dan sebagainya yang menyangkut hal-hal artistik dipanggung
a. Tempat pertunjukan yang digunakan adalah auditorium yang dihias sesuai dengan tema tarian yang digunakan.
b.Dekorasi atau Backdrop atau tata latar belakang panggung dibuat menjadi cerah dan ceria sesuai dengan tema tarian.
c. Property apa saja yang digunakan. Misalnya, menggunakan botol bekas, dan bakul yang dihiasi oleh kertas krab.
d.      Tata lampu menggunakan penerangan listrik.

7.      Tata Rias
Tata rias yang digunakan pada pentas kali ini bersifat natural, dan menyerupai pedagang jamu pada umumnya.

8.      Tata busana / kostum
Tata busana atau kostum yang digunakan pada pentas kali ini menggunakan pakaian kaos hitam polos dan menggunakan kemeja bercorak kotak-kotak, atasan menggunakan kerudung paris polos berwarna cerah, sedangkan bawahan menggunakan legging yang dilapisi kain batik.



















Pola lantai “Tari Nona Jamu”
Keterangan :
 


  = Eva Gestafiani                                               = Siti Zakiyah
 


  = Diana                                                             = Hanifah Dwi
 


  =  Qurrotul Aini                                               = Ukhti Annis
 


  = Nurul Fajriati

 


1.
                                                

2.


 




3.   
 






4.
5.

 




6.
 






7.
 





.8.
 





9.
 





                  10.
 




11.







12.
 







13.
 




13.



 


14.
 






BAB III
KESIMPULAN

              Ruang lingkup pembelajaran, pendidikan, seni budaya dan keterampilan seni tari mencakup keterampilan gerak berdasarkan olah tubuh dengan dan tanpa rangsangan bunyi, apresiasi terhadap gerak tari. Untuk itu, dalam setiap kegiatan pembelajaran siswa akan diberikan berbagai wawasan baik itu wawasan pengetahuan mengenai berbagai macam jenis tarian di nusantara baik itu daerah itu sendiri maupun daerah lain, mempraktikan gerak tarian daerah lain maupun daerah sendiri dan siswa memunculkan sikap yang kreatif, disiplin, kerjasama dan bertanggung jawab selama kegiatan pembelajaran.

              Tarian yang kami sajikan berjudul tari “Nona Jamu”, yang bertemakan profesi sehari-hari. Sumber garap yang digunakan adalah berasal dari kegiatan tukang jamu yang dapat kita lihat sehari-hari, tari yang digunakan yaitu tari berkelompok. Tarian ini menggunakan property botol bekas dan bakul yang dihias.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar