Jumat, 18 Desember 2015

RPP Menampilkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah laiN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

 Nama Sekolah                   :  ..............................
Mata Pelajaran                  : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester                   : V/ I
Pertemuan Ke                    : 14
Alokasi Waktu                   : 2 x 35 Menit

SENI TARI
Standar  Kompetensi
5. Mengapresiasi karya seni tari

I.    Kompetensi Dasar :
5.3 Menampilkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain

II. Tujuan Pembelajaran**
Mengapresiasi simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
        Apresiasi Tari

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
         3.  ekspositori (menerangkan)
         4.  tanya jawab

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan pengamatan gambar, foto dan film tentang simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain
F Mengeksposisi tentang tentang simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran

VI.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.       Buku paket SBK standar isi 2006
b.      Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
c.       CD Film dokumenter
d.      Gambar atau foto

VII.  Penilaian          
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Mengamati gambar, foto atau film tentang simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain
·   Mengidentifikasi simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain
·   Mengapresiasi simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain
Tes lisan dan tulisan
Isian dan uraian
Bagaimana sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1







 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar