Jumat, 18 Desember 2015

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS DI KELAS RENDAH


PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS DI KELAS RENDAH

Kata media berasal dari bahasa latin yaitu medium, secara harifah kata tersebut mempunyai arti perantara atau pengantar. Menurut Yusuf Hadi Miarso seperti dikutip Dwi Rianarwati (2006: 8) media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, dan kemauan siswa sehingga bisa mendorong terjadinya proses belajar pada siswa. Menurut Gagne (1979) media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya untuk belajar. Selain itu media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar. Sedangkan menurut Miarso (1989), mengatakan bahwa segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa untuk belajar.
Jadi dapat disimpulkan bahwa, media pembelajaran adalah sebuah perantara atau pengantar yang digunakan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran untuk merangsang dan memotivasi siswa dalam proses belajar.
Dalam pembelajaran di kelas rendah seorang guru harus memiliki keterampilan mengajar yang baik. Guru diharuskan mampu mendesain kegiatan pembelajaran yang menarik sehingga siswa akan berantusis dalam proses kegiatan pembelajaran. Agar proses pembelajaran berhasil dengan baik , maka sebaiknya guru dalam membuat alat bantu pengajaran perlu mengakomodasi kebutuhan peserta didik dengan memperhatikan beberapa hal :
1).      Peserta didik kelas rendah tahun pertama lebih mudah belajar membaca dan menulis dengan menggunakan media gambar, cerita, lagu, atau suara dibandingkan dengan menggunakan buku acuan yang dijual di toko-toko ataupun menggunakan buku tulis.
2).      Pelajaran membaca dan menulis seharusnya diajarkan di TK, sehingga pada saat memasuki  SD kelas 1 mereka sudah siap mengikuti pelajaran  terutama pada pelajaran yang membutuhkan kemampuan membaca dan menulis yang baik.
3).      Peserta didik kelas rendah tahun pertama membutuhkan pendamping dalam belajar membaca dan menulis.
Untuk itu seorang guru yang akan mengajar di kelas permulaan dianjurkan untuk memperhatikan ketiga hal di atas ketika akan mengajar menulis di kelas rendah. Selain itu, guru juga harus mampu mengembangkan media pembelajaran. Media yang digunakan dalam pembelajaran menulis permulaan ada beberapa jenis media yang dapat digunakan antara lain :
a).           Papantulis, digunakan guru untuk memberikan contoh, dan oleh siswa digunakan untuk menulis kanapa yang ditugaskan oleh guru. Misalnya menulis kata, kalimat, nama sendiri, dan sebagainya.
b).           Papan selip digunakan oleh guru untuk menyelipkan gambar atau kartu kata, kartu kalimat yang harus disalin oleh siswa atau gambar yang harus dituliskan judulnya oleh siswa.
c).           Papan tali, digunakan untuk menggantungkan kartu kalimat, kartu-kartu kata, dan huruf yang harus disalin oleh siswa, atau gambar yang perlu dituliskan judulnya.
d).          Majalah anak-anak dapat digunakan untuk tugas menyalin kalimat sederhana yang ada didalamnya atau menyalin judul.
e).           Papan nama, kartu nama, label, dan sebaginya digunakan untuk tugas menyalin.



2 komentar: