PENGEMBANGAN MEDIA
PEMBELAJARAN MENULIS DI KELAS RENDAH
Kata media berasal dari bahasa
latin yaitu medium, secara harifah kata tersebut mempunyai arti perantara atau pengantar. Menurut Yusuf Hadi Miarso seperti dikutip Dwi Rianarwati
(2006: 8) media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk merangsang
pikiran, perasaan, dan kemauan siswa sehingga bisa mendorong terjadinya proses
belajar pada siswa. Menurut Gagne (1979)
media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya
untuk belajar. Selain itu media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan
pesan serta merangsang siswa untuk belajar. Sedangkan menurut Miarso (1989),
mengatakan bahwa segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan
yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa untuk
belajar.
Jadi dapat disimpulkan bahwa, media
pembelajaran adalah sebuah perantara atau pengantar yang digunakan oleh guru
dalam kegiatan pembelajaran untuk merangsang dan memotivasi siswa dalam proses
belajar.
Dalam pembelajaran di kelas rendah seorang guru harus memiliki
keterampilan mengajar yang baik. Guru diharuskan mampu mendesain kegiatan
pembelajaran yang menarik sehingga siswa akan berantusis dalam proses kegiatan
pembelajaran. Agar proses pembelajaran berhasil dengan baik , maka sebaiknya
guru dalam membuat alat bantu pengajaran perlu mengakomodasi kebutuhan peserta
didik dengan memperhatikan beberapa hal :
1). Peserta
didik kelas rendah tahun pertama lebih mudah belajar membaca dan menulis dengan
menggunakan media gambar, cerita, lagu, atau suara dibandingkan dengan
menggunakan buku acuan yang dijual di toko-toko ataupun menggunakan buku tulis.
2). Pelajaran
membaca dan menulis seharusnya diajarkan di TK, sehingga pada saat
memasuki SD kelas 1 mereka sudah siap
mengikuti pelajaran terutama pada
pelajaran yang membutuhkan kemampuan membaca dan menulis yang baik.
3). Peserta
didik kelas rendah tahun pertama membutuhkan pendamping dalam belajar membaca
dan menulis.
Untuk itu seorang guru yang akan
mengajar di kelas permulaan dianjurkan untuk memperhatikan ketiga hal di atas
ketika akan mengajar menulis di kelas rendah. Selain itu, guru juga harus mampu
mengembangkan media pembelajaran. Media yang digunakan dalam pembelajaran menulis
permulaan ada beberapa jenis media yang dapat digunakan antara lain :
a).
Papantulis, digunakan guru untuk memberikan
contoh, dan oleh siswa digunakan untuk menulis kanapa yang ditugaskan oleh
guru. Misalnya menulis kata, kalimat, nama sendiri, dan sebagainya.
b).
Papan selip digunakan oleh guru untuk menyelipkan
gambar atau kartu kata, kartu kalimat yang harus disalin oleh siswa atau gambar
yang harus dituliskan judulnya oleh siswa.
c).
Papan tali, digunakan untuk menggantungkan kartu
kalimat, kartu-kartu kata, dan huruf yang harus disalin oleh siswa, atau gambar
yang perlu dituliskan judulnya.
d).
Majalah anak-anak dapat digunakan untuk tugas menyalin
kalimat sederhana yang ada didalamnya atau menyalin judul.
e).
Papan nama, kartu nama, label, dan sebaginya digunakan
untuk tugas menyalin.
trmksh infonya
BalasHapusterimakasih, ini membantu
BalasHapus