Jumat, 18 Desember 2015

ERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH              :
MATA PELAJARAN          : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS/SEMESTER           : IV (EMPAT) / II (DUA)
MATERI POKOK               : PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI
ALOKASI WAKTU            : 2 x 35 menit

I.                   Standar Kompetensi
2.             Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten / kota dan   provinsi.

II.                Kompetensi Dasar
2.3         Mengenal perkembangan teknologi produksi komunikasi dan transportasi serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

III.              Indikator
2.3.4   Menyebutkan macam-macam alat komunikasi masa lalu dan                                             masa kini (modern).
2.3.5   Membandingkan/membedakan jenis teknologi komunikasi masa lalu dan masa kini (modern)
2.3.6   Menjelaskan manfaat teknologi komunikasi masa lalu dan masa kini (modern).

IV.              Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah mendengarkan pemaparan guru siswa mampu menyebutkan macam-macam alat komunikasi masa lalu dan masa kini (modern).
2.      Setelah bertanya jawab siswa mampu membedakan jenis teknologi komunikasi masa lalu dan masa kini (modern).
3.      Setelah berdiskusi kelompok siswa mampu menjelaskan manfaat teknologi komunikasi masa lalu dan masa kini (modern).

V.                Karakter Siswa yang Diharapkan
ü   Disiplin
ü   Tekun
ü   Rasa ingin tahu
ü   Tanggung jawab
ü   Kerja sama
ü   Percaya diri

VI.             Materi Pembelajaran
Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi.
2.   Teknologi komunikasi (uraian materi terlampir).

VII.          Model Dan Metode Pembelajaran
Model           : Pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement
  Divisions).
Metode         : ceramah, tanya jawab, diskusi dan penugasan.

VIII.       Langkah Kegiatan Pembelajaran
a.       Kegiatan Pendahuluan
1.             Guru memasuki kelas dengan mengucapkan salam dan menanyakan kabar peserta didiknya.
2.             Guru menginstruksikan siswa untuk melihat kebersihan disekelililngnya dan membuang sampah pada tempatnya.
3.             Guru meninstruksikan KM untuk memimpin doa sebelum belajar dan mengabsen siswa.
4.             Guru melakukan apersepsi dangan bertanya  jawab mengenai hal-hal yang berkaitan dengan teknologi komunikasi.
5.             Guru menyamapaikan tujuan pembelajaran.

b.      Kegiatan Inti
1.             Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok secara heterogen yang berisi 4-6 siswa.
2.             Guru melakukan presentasi dengan menjelaskan materi dengan menggunakan media gambar.
3.             Selama presentasi, guru melibatkan siswa secara aktif dengan kegiatan bertanya jawab.
4.             Setelah selesai, guru memeberikan lembar kegitan siswa (LKS) berupa puzzle yang harus disusun oleh setiap kelompok. Kemudian setiap kelompok berdiskusi mengenai manfaat dari alat-alat teknologi komunikasi bagi kehidupan sehari-hari.
5.             Selama kegiatan diskusi, guru membolehkan siswa yang cepat belajar untuk mengajari siswa yang lambat belajar sehingga akhirnya semua siswa akhirnya menjadi tahu.
6.             Setelah waktu diskusi selesai, setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.
7.             Untuk mengukur seberapa jauh kemampuan siswa, guru memberikan penuguasan kepada setiap siswa. Dalam hal ini tidak boleh ada siswa yang saling memberi tahu.
8.             Setelah selesai, guru melakukan evaluasi dan penguatan terhadap kegaitan pembelajaran.
9.             Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami.

c.       Kegiatan Akhir
1.      Guru membimbing siswa, memberi kesempatan kepada siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran.
2.      Guru menyampaikan materi pelajaran yang akan disampaikan pada pertmeuan selanjutnya.
3.      Sebelum mengakhiri kegiatan pembelajaran, guru menginstruksikan km untuk menutup pembelajaran dengan berdoa.

IX.             Sumber Dan Media Pembelajaran
Hisnu P., Tantya dan Winardi. (2008). Ilmu Pengetahuan Sosial 4 : Untuk SD/MI Kelas
IV. Jakarta: PT  Galaxy Puspa Mega.
Gambar-gambar yang relevan
Puzzle

X.                Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
2.3.4    Menyebutkan macam-macam alat komunikasi masa lalu dan                                             masa kini (modern).
2.3.5    Membandingkan/membedakan jenis teknologi komunikasi masa lalu dan masa kini (modern)
2.3.6    Menjelaskan manfaat teknologi komunikasi masa lalu dan masa kini (modern).
Tes Tulis
Uraian
1.      Alat komunikasi apa saja yang termasuk ke dalam komunikasi masa lalu (tradisional)?
2.      Alat komunikasi pada masa lalu yang berbentuk bundar terbuat dari besi atau perunggu adalah?
3.      Apa saja kelebihan alat komunikasi masa kini (modern) dibandingkan dengan alat komunikasi masa lalu?
4.      Apa komunikasi kentongan bisa dipakai untuk?
5.      Alat komunikasi telepon bisa dipakai untuk?
Kunci jawaban instrumen/soal
1.      Kentongan, Bandhe, Surat menggunakan daun, Kurir, dan tali Pohon
2.      Gong
3.      Menyampaikan informasi lebih cepat
Jangkauan lebih luas
Berita mudah di simpan
4.      Memanggil warga desa melakukan kerja bakti
Memanggil warga desa agar berkumpul dibalai desa
Memeberitahu warga kalau ada warga yang meninggal dunia
Memberitahu warga kalau terjadi bencana alam, misalnya banjir, gunung meletus, kebakaran dan lain sebagainya.
5.      Untuk berkomunikasi jarak jauh baik di dalam dan luar negeri

PEDOMAN PENILAIAN
Keterangan :
ü   Nilai 2 apabila dalam menjawab soal benar.
ü   Nilai 1 apabila dalam menjawab soal kurang sesuai atau ada
sebagaian yang salah.
ü   Nilai 0 apabila dalam menjawab soal salah.
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 100





FORMAT KRITERIA PENILAIAN
1.      PRODUK
No.
Aspek yang Dinilai
Kriteria Penilaian
(skor)
4
3
2
1
1.
Ketekunan dalam menyusun puzzle alat-alat teknologi komunikasi




2.                     
Kesesuaian dalam menentukan manfaat dari alat-alat teknologi komunikasi




Keterangan :
                        Skor  4  menunjukan siswa baik sekali terhadap aspek yang dinilai
                        Skor 3 menunujukan baik terhadap aspek yang dinilai
Skor  2 menunjukan cukup terhadap aspek yang dinilai
Skor 1 menunjukan kurang terhadap aspek yang dinilai
3.      SIKAP
No.
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Disiplin
Tekun
Rasa Ingin Tahu
Tanggung
Kerja Sama
Percaya Diri


















4.      PSIKOMOTOR
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.        





2.       





Pengetahuan



Praktek



Sikap
*Pengetahuan
*Kadang-kadang Pengetahuan
*Tidak Pngetahuan

*Aktif  Praktek
*Kadang-kadang aktif
*Tidak aktif

*Sikap
*Kadang-kadang Sikap
*Tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1



 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Sikap
Psikomotor












  
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                          Serang, …………………………………………

Mengetahui,
Kepala Sekolah SD                                                                 Guru Kelas IV


(________________________________)             (_______________________________)

NIP :                                                                      NIP :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar