RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH :
MATA PELAJARAN :
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS/SEMESTER
: IV (EMPAT) / II (DUA)
MATERI
POKOK : PERKEMBANGAN
TEKNOLOGI KOMUNIKASI
ALOKASI WAKTU :
2 x 35 menit
I.
Standar Kompetensi
2.
Mengenal
sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten / kota dan provinsi.
II.
Kompetensi Dasar
2.3
Mengenal perkembangan
teknologi produksi komunikasi dan transportasi serta manfaatnya dalam kehidupan
sehari-hari.
III.
Indikator
2.3.4
Menyebutkan macam-macam alat komunikasi
masa lalu dan
masa kini (modern).
2.3.5
Membandingkan/membedakan jenis teknologi
komunikasi masa lalu dan masa kini (modern)
2.3.6
Menjelaskan manfaat teknologi komunikasi masa
lalu dan masa kini (modern).
IV.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah
mendengarkan pemaparan guru siswa mampu menyebutkan macam-macam alat komunikasi
masa lalu dan masa kini (modern).
2.
Setelah bertanya
jawab siswa mampu membedakan jenis teknologi komunikasi masa lalu dan masa kini
(modern).
3.
Setelah
berdiskusi kelompok siswa mampu menjelaskan manfaat teknologi komunikasi masa
lalu dan masa kini (modern).
V.
Karakter Siswa yang Diharapkan
ü
Disiplin
ü
Tekun
ü
Rasa ingin tahu
ü
Tanggung jawab
ü
Kerja sama
ü
Percaya diri
VI.
Materi Pembelajaran
Teknologi Produksi,
Komunikasi, dan Transportasi.
2. Teknologi komunikasi (uraian materi
terlampir).
VII.
Model Dan Metode Pembelajaran
Model : Pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement
Divisions).
Metode : ceramah, tanya jawab, diskusi dan
penugasan.
VIII.
Langkah Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan
Pendahuluan
1.
Guru memasuki
kelas dengan mengucapkan salam dan menanyakan kabar peserta didiknya.
2.
Guru
menginstruksikan siswa untuk melihat kebersihan disekelililngnya dan membuang
sampah pada tempatnya.
3.
Guru
meninstruksikan KM untuk memimpin doa sebelum belajar dan mengabsen siswa.
4.
Guru melakukan
apersepsi dangan bertanya jawab mengenai
hal-hal yang berkaitan dengan teknologi komunikasi.
5.
Guru
menyamapaikan tujuan pembelajaran.
b.
Kegiatan Inti
1.
Guru membagi
siswa menjadi beberapa kelompok secara heterogen yang berisi 4-6 siswa.
2.
Guru melakukan
presentasi dengan menjelaskan materi dengan menggunakan media gambar.
3.
Selama presentasi,
guru melibatkan siswa secara aktif dengan kegiatan bertanya jawab.
4.
Setelah selesai,
guru memeberikan lembar kegitan siswa (LKS) berupa puzzle yang harus disusun
oleh setiap kelompok. Kemudian setiap kelompok berdiskusi mengenai manfaat dari
alat-alat teknologi komunikasi bagi kehidupan sehari-hari.
5.
Selama kegiatan
diskusi, guru membolehkan siswa yang cepat belajar untuk mengajari siswa yang
lambat belajar sehingga akhirnya semua siswa akhirnya menjadi tahu.
6.
Setelah waktu
diskusi selesai, setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.
7.
Untuk mengukur
seberapa jauh kemampuan siswa, guru memberikan penuguasan kepada setiap siswa.
Dalam hal ini tidak boleh ada siswa yang saling memberi tahu.
8.
Setelah selesai,
guru melakukan evaluasi dan penguatan terhadap kegaitan pembelajaran.
9.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami.
c.
Kegiatan Akhir
1.
Guru membimbing
siswa, memberi kesempatan kepada siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran.
2.
Guru
menyampaikan materi pelajaran yang akan disampaikan pada pertmeuan selanjutnya.
3.
Sebelum
mengakhiri kegiatan pembelajaran, guru menginstruksikan km untuk menutup
pembelajaran dengan berdoa.
IX.
Sumber Dan Media Pembelajaran
Hisnu P., Tantya dan Winardi.
(2008). Ilmu Pengetahuan Sosial 4 : Untuk
SD/MI Kelas
IV.
Jakarta: PT Galaxy Puspa Mega.
Gambar-gambar
yang relevan
Puzzle
X.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
2.3.4
Menyebutkan macam-macam alat
komunikasi masa lalu dan
masa kini (modern).
2.3.5
Membandingkan/membedakan jenis
teknologi komunikasi masa lalu dan masa kini (modern)
2.3.6
Menjelaskan manfaat teknologi komunikasi masa
lalu dan masa kini (modern).
|
Tes
Tulis
|
Uraian
|
1.
Alat komunikasi apa saja yang termasuk ke dalam komunikasi
masa lalu (tradisional)?
2.
Alat
komunikasi pada masa lalu yang berbentuk bundar
terbuat dari besi atau perunggu adalah?
3.
Apa saja kelebihan alat komunikasi masa kini (modern)
dibandingkan dengan alat komunikasi masa lalu?
4.
Apa komunikasi kentongan bisa dipakai untuk?
5.
Alat komunikasi telepon bisa dipakai untuk?
|
Kunci jawaban instrumen/soal
1.
Kentongan,
Bandhe, Surat menggunakan daun, Kurir, dan tali Pohon
2.
Gong
3.
Menyampaikan
informasi lebih cepat
Jangkauan lebih luas
Berita mudah di simpan
4.
Memanggil warga
desa melakukan kerja bakti
Memanggil
warga desa agar berkumpul dibalai desa
Memeberitahu
warga kalau ada warga yang meninggal dunia
Memberitahu
warga kalau terjadi bencana alam, misalnya banjir, gunung meletus, kebakaran
dan lain sebagainya.
5.
Untuk
berkomunikasi jarak jauh baik di dalam dan luar negeri
PEDOMAN PENILAIAN
Keterangan :
ü
Nilai 2 apabila dalam menjawab soal benar.
ü
Nilai 1 apabila dalam menjawab soal kurang sesuai
atau ada
sebagaian yang salah.
ü
Nilai 0 apabila dalam menjawab soal salah.
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X
100
FORMAT KRITERIA
PENILAIAN
1.
PRODUK
No.
|
Aspek yang
Dinilai
|
Kriteria
Penilaian
(skor)
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Ketekunan dalam menyusun
puzzle alat-alat teknologi komunikasi
|
|
|
|
|
2.
|
Kesesuaian dalam menentukan
manfaat dari alat-alat teknologi komunikasi
|
|
|
|
|
Keterangan :
Skor 4 menunjukan siswa baik sekali terhadap aspek
yang dinilai
Skor 3 menunujukan baik terhadap
aspek yang dinilai
Skor 2 menunjukan cukup terhadap
aspek yang dinilai
Skor 1 menunjukan kurang terhadap aspek yang dinilai
3.
SIKAP
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
|||||
Disiplin
|
Tekun
|
Rasa Ingin Tahu
|
Tanggung
|
Kerja Sama
|
Percaya Diri
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
PSIKOMOTOR
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
*Pengetahuan
*Kadang-kadang Pengetahuan
*Tidak Pngetahuan
*Aktif Praktek
*Kadang-kadang aktif
*Tidak aktif
*Sikap
*Kadang-kadang Sikap
*Tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR
PENILAIAN
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
||
Produk
|
Sikap
|
Psikomotor
|
||
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X
10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan
Remedial.
Serang,
…………………………………………
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SD Guru Kelas IV
(________________________________)
(_______________________________)
NIP
: NIP
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar