MERANCANG PEMBELAJARAN MENULIS KELAS RENDAH
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KELAS / SEMESTER :
I (satu) / 1 (satu)
TEMA :
Diri Sendiri
ALOKASI WAKTU :
1 X Pertemuan
NAMA SEKOLAH :
SDN 12 KOTA SERANG
I.
STANDAR KOMPETENSI
- Bahasa Indonesia :
1.
Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah
dan dongeng yang dilisankan.
2.
Berbicara : Mengungkapkan pikiran, perasaan dan
informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan
fungsi anggota tubuh
3.
Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca
nyaring.
4.
Menulis : Menulis permulaan dengan menjiplak,
menebalkan, mencontoh, melengkapi dan menyalin.
- SBK :
Mengapresiasikan diri melalui karya
seni musik.
- Matematika :
Melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan sampai 20.
II.
KOMPETENSI DASAR
- Bahasa Indonesia :
1.
Mendengar : Membedakan berbagai bunyi bahasa
2.
Berbicara : Memperkenalkan diri sendiri dengan
kalimat sederhana dan bahasa yang
santun.
3.
Membaca : Membaca nyaring suku kata dan kata
dengan lafal yang tepat
4.
Menulis : Menebalkan berbagai bentuk gambar,
lingkaran dan bentuk huruf.
- SBK :
Menghafalkan lagu anak-anak
- Matematika :
Membilang banyak benda
III.
Indikator
a.
Bahasa
Indonesia :
1.
Mendengar
: Mendengarkan dan menyanyikan lagu
2.
Berbicara
: Menyebutkan data diri (nama, kelas, sekolah dan tempat tinggal) dengan
kalimat sederhana
3.
Membaca
: Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat.
4.
Menulis
: Menebalkan bentuk huruf.
b.
SBK
: Menyanyikan lagu anak dengan menggerakkan anggota tubuh
c.
Matematika
: Membilang banyak benda pada gambar.
IV. Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan
Memperhatikan guru siswa mampu menyanyikan lagu “aku sayang ibu” dan menggerakkan
anggota tubuh dengan benar.
2.
Dengan
menyimak siswa mampu menyebutkan data diri (nama, kelas, sekolah dan tempat
tinggal) dengan kalimat sederhana secara benar.
3.
Dengan
membaca nyaring siswa mampu melafalkan suku kata dan kata dengan lafal yang
tepat.
4.
Dengan
mengerjakan lembar kerja siswa mampu menebalkan bentuk huruf dengan tepat dan
benar.
5.
Dengan
mengerjakan lembar kerja siswa mampu membilang banyak benda pada gambar dengan
tepat.
V.
Materi Pokok
1.
Identitas
diri
2.
Kartu
nama
3.
Lagu
anak-anak
4.
Operasi
hitung bilangan
VI.
Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Tanya
jawab
3.
Think
pair share
4.
Pemberian
tugas.
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
a)
Kegiatan Awal
1.
Guru
memasuki kelas dan mengucapkan salam.
2.
Guru
mengajak semua siswa berdoa dan menginstruksikan ketua kelas untuk memimpin
teman-temannya berdoa.
3.
Guru
melakukan apersepsi dengan mengajak siswa menyanyikan lagu "Aku Sayang
Ibu" sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu
4.
Guru
menyampaikan informasi mengenai tema yang akan dipelajari bersama (Diri
Sendiri).
b).
Kegiatan Inti
1.
Guru
meminta lima orang siswa untuk ke depan kelas. Siswa 1 menyebutkan identitas
diri (nama dan tempat tinggal), siswa 2 diminta untuk menyebutkan nama
identitas diri dan teman disebelahnya (siswa 1) begitu juga dengan siswa 3
menyebutkan identitas dirinya dan siswa 1 dan siswa 2. Dan seterusnya.
2.
Guru
membagikan kartu kepada siswanya
3.
Setelah
itu, semua siswa diminta untuk mengamati contoh suku kata pada kartu dan
membacanya secara nyaring.
4.
Guru
membagikan lembar kerja berupa huruf-huruf yang akan ditebalkan oleh siswa.
5.
Kemudian
siswa diminta untuk menebalkan huruf pada lembar kerja yang telah dibagikan
oleh guru.
6.
Setelah
menebalkan, guru menginstruksikan siswa untuk mengamati gambar.
7.
Dengan
bimbingan guru, siswa membilang banyaknya bola pada gambar yang ditunjukkan
oleh guru.
c).
Kegiatan Akhir
1.
Guru
bersama-sama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2.
Bertanya
jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama
pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
3.
Guru
menyampaikan materi yang akan dipelajari selanjutnya.
4.
Guru
mengajak siswanya berdoa dengan menginstruksikan ketua kelas untu memimpin doa.
VIII.
Alat Dan Sumber Belajar
1.
Gambar-gambar
tentang Keluarga
2.
Kartu huruf
3.
Gambar
bola-bola
4.
Buku
Teks siswa (Bahasa Indonesia, IPA/Sains, Matematika)
5.
Kurikulum
mata pelajaran (Bahasa Indonesia, IPA/Sains, Matematika, SBK)
IX.
Penilaian
1.
Jenis/
Teknik Penilaian
a.
Penilaian Sikap : Percaya diri,
disiplin, tanggung jawab, berani.
No
|
Nama
|
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Tanggung jawab
|
Berani
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
Angka 1
menunjukan siswa belum menunjukan sikap
Angka 2
menunjukan siswa cukup menunjukan sikap
Angka 3
menunjukan siswa baik menunjukan sikap
Angka 4
menunjukan siswa sangat baik menunjukan sikap
b. Unjuk
Kerja : Keterampilan Bercerita
tentang dirinya sendiri dan menyanyikan lagu “Aku Sayang Ibu.”
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu bantuan
1
|
1
|
Kelancaran dalam bercerita
|
Seluruh cerita disampaikan dengan
lancar
|
Setengah atau lebih bagian cerita disampaikan dengan lancar
|
Kurang dari setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar
|
Belum mampu
|
2
|
Kepercayaan diri dalam bercerita
|
Tidak terlihat ragu-ragu
|
Terlihat ragu-ragu
|
Memerlukan bantuan guru
|
Belum menunjukkan kepercayaan diri
|
c.
Unjuk Kerja Kegiatan Menyanyi
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu bantuan
1
|
1
|
Penguasaan lagu
|
Siswa hafal seluruh syair lagu, irama tepat
|
Siswa hafal seluruh syair lagu, irama kurang tepat atau sebaliknya
|
Siswa hafal sebagian kecil syair lagu
|
Siswa belum hafal syair lagu
|
2
|
Ekspresi
|
Mimik wajah dan gerakan sesuai dengan isi lagu
|
Mimik wajah dan gerakan sesuai dengan isi lagu namun belum konsisten
|
Mimik wajah dan gerakan belum sesuai dengan isi lagu
|
Belum mampu menunjukkan mimik wajah dan gerakan yang sesuai dengan
isi lagu
|
d.
Penilaian Pengetahuan : tes
tertulis (lembar kerja) menebalkan
bentuk huruf dan membilang banyak benda pada gambar.
Petunjuk Penyekoran
Jawaban YA diberi skor 1, dan jawaban
TIDAK diberi skor 0
Perhitungan skor akhir menggunakan
rumus :

…………………, …………………… 2015
Kepala Sekolah Guru
Kelas 1
……………………. ………………………
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar