Jumat, 18 Desember 2015

KONSEP DASAR MENULIS


KONSEP DASAR MENULIS

Pengertian Menulis
Menulis adalah menurunkan atau melukiskan lambing-lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang sehingga orang lain dapat membaca langsung lambing-lambang grafik tersebut kalau mereka memahami bahasa dan gambaran grafik itu (Lado,1964).
Menurut Djago Tarigan (1986:15) menulis memiliki arti mengekpresikan secara tertulis gagasan, ide, pendapat, atau pikiran dan perasaan. Sedangkan menurut Sumarno (2009:5) mengungkapkan bahwa menulis merupakan kegiatan meletakkan simbol grafis yang mewakili bahasa yang dimengerti orang lain. Untuk itu, maka dapat dikatakan bahwa menulis merupakan suatu proses, yaitu proses mengungkapkan dan mengekspresikan ide dalam bentuk simbol-sombol. Melakukan kegiatan proses menulis dilakukan dalam beberapa tahap yaitu tahap prapenulisan, tahap penulisan, dan tahap revisi. Selain itu, menulis juga dapat dianggap sebagai suatu hasil. Karena menulis merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk menghasilkan sebuah tulisan.
Menurut Yunus (2002:13) Menulis merupakan kegiatan komunikasi verbal yang berisi penyampaian pesan dengan menggunakan tulisan sebagai mediumnya. Pesan yang dimaksud di sini adalah isi atau muatan yang terkandung dalam tulisan, sedangkan tulisan pada dasarnya adalah rangkaian huruf yang bermakna dengan segala kelengkapan lambang tulisan seperti ejaan dan pungtuasi. Dengan demikian, menulis merupakan salah satu bentuk pengggunaan bahasa, disebut keterampilan berbahasa, yang melibatkan empat unsur, yakni penulis sebagai penyampai pesan, pesan atau isi tulisan, saluran atau medium tulisan, dan pembaca sebagai penerima pesan.
Tulisan yang baik dapat menghubungkan antara penulis sebagai pemberi pesan dan pembaca sebagai penerima pesan. Menurut Akhadiah (1990:55) pesan yang akan disampaikan harus ditulis secara sistematis agar pembaca dapat menangkap pesan dengan jelas dan tidak menimbulkan salah penafsiran.
M. Atar Semi (2007:14) dalam bukunya mengungkapkan pengertian menulis adalah suatu proses kreatif memindahkan gagasan ke dalam lambang-lambang tulisan, sedangkan Burhan Nurgiantoro (1988: 273) menyatakan bahwa menulis adalah aktivitas aktif dan produktif. Dari pengertian ini dapat disimpulkan bahwa menulis merupakan suatu kegiatan yang mampu menghasilkan sesuatu yang produktif, seperti sebuah karya tuliasan puisi, cerpen, novel dsb.
Berdasarkan paparan beberapa pendapat para ahli di atas, maka disimpulkan bahwa menulis merupakan kegiatan atau aktivitas dalam penuangan idea tau gagasan dengan kemampuan yang kompleks melalui aktivitas yang aktif produktif dalam bentuk simbol huruf dan angka secara sistematis sehingga mampu dipahami oleh orang lain.
Tujuan Menulis
Menurut Syafie’ie (1988:51-52), mengklasifikasikan tujuan menulis yaitu sebagai berikut:
1.      Mengubah keyakinan pembaca;
2.      Menanamkan pemahaman sesuatu terhadap pembaca;
3.      Merangsang proses berpikir pembaca;
4.      Menyenagkan atau menghibur pembaca;
5.      Memberitahu pembaca;
6.      Memotivasi pembaca.
Sedangkan Abdurahman dan Waluyo (2000:223) menyatakan bahwa tujuan menulis bagi siswa terutama siswa sekolah dasar yaitu untuk menyalin, mencatat, dan mengerjakan sebagian besar tugas-tugas yang diberikan di sekolah dengan harapan melatih keterampilan berbahasa dengan baik.

Manfaat Menulis
Manfaat menulis menurut Horison dalam Darmadi (1996:3-4) yaitu:
1.      Kegiatan menulis merupakan sarana untuk menemukan sesuatu.
2.      Kegiatan menulis dapat memunculkan ide baru.
3.      Dapat melatih kemampuan mengorganisasi dan menjernihkan berbagai konsep.
4.      Dapat melatih sikap objektif yang ada pada diri seseorang.
5.      Dapat membantu dan melatih dalam memecahkan masalah.
6.      Kegiatan menulis dalam sebuah bidang ilmu akan memungkinkan kita untuk menjadi lebih aktif dan tidak hanya menjadi penerima informasi.
Pada umumnya penulis juga akan mempunyai manfaat atas yang ditulisnya, diantaranya:
a.             Material
Secara material, penulis memperoleh honorium dan merupakan sebagai profesi sambilan untuk memperoleh penghasilan.
b.             Secara Non Material
Secara non material, dengan menulis mendapatkan kepuasan batin karena bisa mengekspresikan diri, melontarkan gagasan-gagasan serta ide-ide, mengkriti kinerja pemerintah, dan dapat mencerdaskan bangsa. Bahkan mendapatkan pahala dari Allah swt.
c.              Popularitas
Selain dari material dan non material penulis dapat terkenal namanya dimana-mana, dikota, luar kota, provinsi dan bahkan dapat mendunia.

Fungsi Menulis
Fungsi utama dari tulisan adalah sebagai alat komunikasi yang tidak langsung. Dengan menulis memudahkan kita merasakan dan menikmati hubungan-hubungan, memperdalam daya tanggap atau presepsi kita, memecahkan masalah-masalah yang kita hadapi, menyusun urutan bagi pengalaman, dapat menyumbangkan kecerdasan.
Menurut Bernard Percy fungsi menulis adalah sebagai berikut:
1).    Sarana untuk mengungkapkan diri yaitu untuk mengungkapkan perasaan hati seperti kegelisahan, keinginan dsb.
2).    Menulis sebagai sarana pemahaman artinya dengan menulis seseorang bisa mengikat kuat suatu ilmu pengetahuan kedalam otaknya.
3).    Menulis dapat membantu mengembangkan kepuasan pribadi. Artinya dengan menulis dapat melejitkan perasaan harga diri yang semula rendah dengan menulis dapat meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan.
4).    Menulis dapat meningkatkan keterlibatan secara bersemangat bukannya penerimaan yang pasrah. Artinya dengan menulis seseorang akan menjadi peka terhadap apa yang tidak benar di sekitarnya sehingga ia menjadi orang yang kreatif.
5).    Menulis mampu mengembangkan suatu pemahaman dan kemampuan penggunaan bahasa. Artinya dengan menulis seseorang akan selalu berusaha memilih bentuk bahasa yang tepat dan menggunakanya dengan tepat

Sedangkan fungsi menulis sendiri bagi kelas permulaan adalah sebagai pengenalan simbol-simbol berupa huruf-huruf alphabet seperti huruf vokal a, i, u, e, dan o dan berlanjut ke huruf konsosnan (b, c, d …………………z) yang digunakan dalam bahasa yang dapat memudahkan siswa untuk menyampaikan apa yang ada dipikriannya ke dalam sebuah tulisan. Selain itu, fungsi menulis di kelas rendah yaitu sebagai cara merealisasikan simbol-simbol bunyi dan cara menuliskan dengan baik dan benar.













DAFTAR PUSTAKA




1 komentar:

  1. Terimakasih informasi artikelnya sanat membantu sekali, maaf saya izin save ya. Terimakasih

    BalasHapus