RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER : V (LIMA) / II (DUA
MATERI POKOK :
SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG
ALOKASI WAKTU : 2 x 35 menit
A.
Standar
Kompentensi
6.
Memahami
sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun
B.
Kompetensi
Dasar
6.1
Mengidentifikasi
sifat-sifat bangun ruang
C.
Indikator
6.1.1
Menyebutkan
jenis-jenis bangun ruang
6.1.2
Mengidentifikasi
sifat-sifat bangun ruang
6.1.3
Menyebutkan contoh-contoh benda bentuk bangun
ruang di lingkungan sekitar
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Setelah
mendengarkan guru dan bertanya jawab, siswa dapat menyebutkan jenis-jenis
bangun ruang dengan benar.
2. Setelah
berdiskusi secara kelompok, siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat bangun
ruang dengan benar.
3. Setelah
bertanya jawab, siswa dapat menyebutkan contoh-contoh benda bentuk bangun ruang
di lingkungan sekitarnya dengan benar.
E.
Karakter siswa yang diharapkan :
ü
Disiplin ( Discipline )
ü
Tekun ( diligence )
ü
Tanggung jawab ( responsibility )
ü
Ketelitian ( carefulness)
ü
Kerja
sama ( Cooperation )
ü
Percaya
diri ( Confidence )
F.
Materi
ajar
1.
Bentuk-bentuk bangun ruang
2.
Sifat-sifat bangun ruang
G.
Metode
Pembelajaran
Ceramah,
tanya jawab dan diskusi
H.
Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Jenis Kegiatan
|
Kegiatan Guru
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
1). Guru
memasuki ruangan kelas dengan mengucapkan salam
2). Guru
mengkondisikan ruangan kelas
3). Guru
menginstruksikan KM untuk memimpin doa dan mengabsen
4). Guru
melakukan apersepsi dengan bertanya materi sebelumnya yang telah dipelajari oleh
siswa yaitu tentang sifat-sifat bangun datar
5). Guru
menyampaikan indikator dan tujuan pembelajaran
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
6). Guru
bertanya kepada siswa mengenai bangun ruang dengan bertanya mengenai ruang
kelas yang sedang mereka tempati.
7). Setelah
itu, guru memperlihatkan kerangka bangun ruang, guru bertanya kepada siswa
nama-nama bangun ruang tersebut
8). Setelah
memperlihatkan bangun-bangun ruang, guru bertanya kepada siswa tentang contoh
nyata bentuk bangun ruang yang ada di sekitar.
9). Guru
mendemonstrasikan kepada siswa tentang struktur yang membentuk bangun ruang
tersebut ada sisi, rusuk, dan sudut.
10). Guru
menginsturksikan siswa untuk membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 orang
siswa
11). Guru
menginstruksikan kepada setiap kelompok untuk megidentifikasi sifat-sifat
bangun-bangun ruang yang tertera pada lembar kerja siswa
12). Guru
menginstruksikan kepada siswa untuk mengisi lembar kerja
13). Guru
memberikan waktu kepada siswa untuk berdiskusi mengenai bangun ruang. Selama
kegiatan berdiskusi guru memberikan bimbingan dan memfasilitasi kegiatan
diskusi siswa
14). Setelah
selesai, guru menginstruksikan kepada setiap kelompok untuk mempresentasikan
hasil kerjanya.
15). Guru
menggunakan kerangka bangun ruang untuk membuktikan hasil kerja dari setiap
kelompok
16). Guru
memberikan tanggapan positif tentang penampilan setiap kelompok tersebut
17). Guru
menginstruksikan siswa untuk kembali duduk ke tempatnya masing-masing
18). Guru
bertanya kepada siswa tentang pemahamanya mengenai materi yang telah
dipelajari
19). Guru
memberikan lembar evaluasi dari kegiatan yang telah dilakukan
|
50 menit
|
Kegiatan Akhir
|
20). Guru
melakukan refleksi dari kegiatan yang telah dilakukan dengan bertanya tentang
kesimpulan dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
21). Guru
menutup kegiatan pembelajaran, dan mengingatkan siswa untuk belajar materi
pembelajaran selanjutnya
22). Guru
menutup pelajaran dengan doa
|
10 menit
|
I.
Sumber
dan Media Pembelajaran
Astuti, Lusia Tri dan P. Sunardi. 2009.
Matematika 5. Jakarta : Departemen
Pendidikan Nasional (Hal 144-151)
Bangun ruang
dengan alat peraga dari karton
Benda-benda di
sekitar siswa
J.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
6.1.1 Menyebutkan jenis-jenis bangun ruang
6.1.2 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun
ruang
6.1.3 Menyebutkan
contoh-contoh benda bentuk bangun ruang di lingkungan sekitar
|
Tes Tulis
|
Uraian
|
1. Sebutkan
jenis-jenis bangun ruang yang kamu ketahui! (minimal 3)
2. Tentukan
jumlah sisi, rusuk dan sudut bangun ruang di bawah ini!
3. Sifat-sifat
dari bangun ruang di bawah ini adalah :
4. Sebutkan
contoh bentuk bangun ruang yang ada di sekitar mu!
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
1.
PRODUK
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Kriteria Penilaian
(skor)
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Ketelitian
menentukan jumlah sisi, rusuk dan titik sudut setiap bangun ruang
|
|
|
|
|
2.
|
Kesesuaian
dalam menentukan sifat-sifat khusus bangun ruang
|
|
|
|
|
Ket: Skor 4 : Sangat Baik
Skor 3 : Baik
Skor 2 : Cukup
Skor 1 : Kurang
3.
SIKAP
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Di Nilai
|
|||||||||||||||||
Disiplin
|
Tekun
|
Tanggung Jawab
|
Percaya Diri
|
Bekerjasama
|
Ketelitian
|
||||||||||||||
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan nilai: Skor 3 : Baik
Skor 2 : Cukup Baik
Skor 1 : Kurang Baik
4.
PSIKOMOTOR
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
*Pengetahuan
*Kadang-kadang Pengetahuan
*Tidak Pngetahuan
*Aktif Praktek
*Kadang-kadang aktif
*Tidak aktif
*Sikap
*Kadang-kadang Sikap
*Tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
||
Produk
|
Sikap
|
Psikomotor
|
||
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X
10.
Untuk siswa
yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Serang,
…………………………………………
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Sd Negeri 10 Kota Serang Guru Kelas
(________________________________)
(_______________________________)
NIP
: NIP
:
LEMBAR KERJA SISWA
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V(lima)/II(dua)
Materi Pokok : Sifat-Sifat Bangun Ruang
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi Sifat-Sifat Bangun
Ruang
Indikator :
Mengidentifikasi Sifat-Sifat Bangun Ruang
Nama Kelompok :
Tentukanlah jumlah sisi, rusuk, dan sudut
dari bangun ruang di bawah ini!
No.
|
Nama Bangun
Ruang
|
Jumlah Sisi
|
Jumlah Rusuk
|
Jumlah Sudut
|
Ciri Khusus
Bangun Ruang
|
1.
|
Kubus
|
|
|
|
|
2.
|
Balok
|
|
|
|
|
3.
|
Prisma Tegak
Segiempat
|
|
|
|
|
4.
|
Prisma Tegak
Segitiga
|
|
|
|
|
5.
|
Limas Segiempat
|
|
|
|
|
6.
|
Limas Segitiga
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
Evaluasi
Mata
pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/II
Materi
Pokok : Sifat-Sifat Bangun
Ruang
Nama
:
Kelas
:
Latihan!
1.
Sebutkan jenis-jenis bangun ruang yang kamu
ketahui! (minimal 3)
2.
Tentukan jumlah sisi, rusuk dan sudut bangun
ruang di bawah ini!
a.
b.
3.
Sifat-sifat dari bangun ruang di bawah ini
adalah :
4.
Sebutkan contoh bentuk bangun ruang yang ada di
sekitar mu!
Kunci
Jawaban!
1.
Balok, kubus, krucut, tabung, prisma tegak
segiempat, prisma tegak segitiga, limas segiempat.
2.
Jumlah
sisi = 5, Jumlah rusuk = 8, Jumlah sudut = 5
Jumlah
sisi = 4, Jumlah rusuk = 9, Jumlah sudut = 6
3.
Sifat
dari bangun ruang di atas adalah
-
Memiliki rusuk 12 buah dan sama panjang
-
Memiliki 8 titik sudut
-
Memiliki 6 Sisi. Sisi-sisinya terbentuk dari
persegi ABCD=EFGH=ADEH=BCFG=ABFE=CDGH
4.
Lemari, botol, bola, atap rumah, kotak tisu dll.
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/II
Materi Pokok : Sifat-Sifat Bangun Ruang
SIFAT-SIFAT BANGUN
RUANG
Bangun ruang merupakan bangun yang memiliki tiga dimensi, yaitu panjang
lebar dan tinggi.
1.
Prisma Tegak
a. Sifat-sifat prisma segiempat
Sifat-sifat prisma tegak yaitu sebagai berikut:
· Memiliki 6 sisi berbentuk persegi atau persegi panjang.
· Memiliki sisi yang berhadapan sama luas
· Memiliki 12 rusuk, rusuk-rusuk yang sejajar sama panjang.
·
Memiliki 8 titik
sudut.
Yang
termasuk prisma tegak segi empat yang memiliki ciri di atas adalah kubus dan
balok.
b.
Sifat-sifat
prisma segitiga
Sifat-sifat prisma segitiga
sebagai berikut:
·
Memiliki 9 rusuk
·
Memiliki 6 titik sudut
·
Memiliki 5 sisi
·
Memiliki alas dan atapnya berbentuk segitiga
2. Sifat-sifat limas
a. Sifat-sifat limas segiempat
Sifat-sifat limas segiempat
sebagai berikut:
·
Memiliki 8 rusuk
·
Memiliki 5 sisi
·
Memiliki 5 titik sudut
·
Memiliki titik puncak yang merupakan pertemuan
beberapa buah segitiga.
·
Alasnya berupa segiempat.
b. Sifat-sifat limas segitiga
Sifat-sifat limas segitiga
sebagai berikut:
·
Memiliki rusuk 6.
·
Memiliki sisi 4.
·
Memiliki titik sudut 4.
·
Alas berupa segitiga.
·
Mempunyai titik puncak yang merupakan pertemuan
beberapa buah segitiga.
3. Sifat-sifat
tabung
Sifat-sifat
tabung sebagai berikut:
·
Memiliki alas dan
atap yang berupa lingkaran yang sebangun dan sejajar.
·
Tidak memiliki titik
sudut.
·
Memiliki tinggi yang
merupakan jarak alas dan sisi atas tabung.
·
Memiliki sisi
lengkung.
4.
Sifat-sifat krucut
Sifat-sifat
kerucut sebagai berikut:
·
Alasnya berupa
lingkaran
·
Memiliki sisi
lengkung
·
Memiliki titik
puncak
·
Memiliki tinggi
kerucut
Bagus, ijin cuplik ya?
BalasHapusBagaimana cara dowlodnya kakka..
BalasHapusmantap...
BalasHapusSangat membantu 👍
BalasHapusKakak ada rpp tentang bangun datar gak?
BalasHapusAlhamdulillah. Ijin jadi referensi ya kak. Terima kasih.
BalasHapusTerimakasih jadi teferensi pkp saya
BalasHapus