RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH :
MATA PELAJARAN :
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS/SEMESTER
: IV (EMPAT) / II (DUA)
MATERI
POKOK : PERKEMBANGAN
TEKNOLOGI KOMUNIKASI
ALOKASI WAKTU :
2 x 35 menit
I.
Standar Kompetensi
2.
Mengenal
sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten / kota dan provinsi.
II.
Kompetensi Dasar
2.3
Mengenal perkembangan
teknologi produksi komunikasi dan transportasi serta manfaatnya dalam kehidupan
sehari-hari.
III.
Indikator
2.3.4
Menyebutkan macam-macam alat komunikasi
masa lalu dan
masa kini (modern).
2.3.5
Membandingkan/membedakan jenis teknologi
komunikasi masa lalu dan masa kini (modern)
2.3.6
Menjelaskan manfaat teknologi komunikasi masa
lalu dan masa kini (modern).
IV.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah
mendengarkan pemaparan guru siswa mampu menyebutkan macam-macam alat komunikasi
masa lalu dan masa kini (modern).
2.
Setelah bertanya
jawab siswa mampu membedakan jenis teknologi komunikasi masa lalu dan masa kini
(modern).
3.
Setelah
berdiskusi kelompok siswa mampu menjelaskan manfaat teknologi komunikasi masa
lalu dan masa kini (modern).
V.
Karakter Siswa yang Diharapkan
ü
Disiplin
ü
Tekun
ü
Rasa ingin tahu
ü
Tanggung jawab
ü
Kerja sama
ü
Percaya diri
VI.
Materi Pembelajaran
Teknologi Produksi,
Komunikasi, dan Transportasi.
2. Teknologi komunikasi (uraian materi
terlampir).
VII.
Model Dan Metode Pembelajaran
Model : Pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement
Divisions).
Metode : ceramah, tanya jawab, diskusi dan
penugasan.
VIII.
Langkah Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan
Pendahuluan
1.
Guru memasuki
kelas dengan mengucapkan salam dan menanyakan kabar peserta didiknya.
2.
Guru
menginstruksikan siswa untuk melihat kebersihan disekelililngnya dan membuang
sampah pada tempatnya.
3.
Guru
meninstruksikan KM untuk memimpin doa sebelum belajar dan mengabsen siswa.
4.
Guru melakukan
apersepsi dangan bertanya jawab mengenai
hal-hal yang berkaitan dengan teknologi komunikasi.
5.
Guru
menyamapaikan tujuan pembelajaran.
b.
Kegiatan Inti
1.
Guru membagi
siswa menjadi beberapa kelompok secara heterogen yang berisi 4-6 siswa.
2.
Guru melakukan
presentasi dengan menjelaskan materi dengan menggunakan media gambar.
3.
Selama presentasi,
guru melibatkan siswa secara aktif dengan kegiatan bertanya jawab.
4.
Setelah selesai,
guru memeberikan lembar kegitan siswa (LKS) berupa puzzle yang harus disusun
oleh setiap kelompok. Kemudian setiap kelompok berdiskusi mengenai manfaat dari
alat-alat teknologi komunikasi bagi kehidupan sehari-hari.
5.
Selama kegiatan
diskusi, guru membolehkan siswa yang cepat belajar untuk mengajari siswa yang
lambat belajar sehingga akhirnya semua siswa akhirnya menjadi tahu.
6.
Setelah waktu
diskusi selesai, setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.
7.
Untuk mengukur
seberapa jauh kemampuan siswa, guru memberikan penuguasan kepada setiap siswa.
Dalam hal ini tidak boleh ada siswa yang saling memberi tahu.
8.
Setelah selesai,
guru melakukan evaluasi dan penguatan terhadap kegaitan pembelajaran.
9.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami.
c.
Kegiatan Akhir
1.
Guru membimbing
siswa, memberi kesempatan kepada siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran.
2.
Guru
menyampaikan materi pelajaran yang akan disampaikan pada pertmeuan selanjutnya.
3.
Sebelum
mengakhiri kegiatan pembelajaran, guru menginstruksikan km untuk menutup
pembelajaran dengan berdoa.
IX.
Sumber Dan Media Pembelajaran
Hisnu P., Tantya dan Winardi.
(2008). Ilmu Pengetahuan Sosial 4 : Untuk
SD/MI Kelas
IV.
Jakarta: PT Galaxy Puspa Mega.
Gambar-gambar
yang relevan
Puzzle
X.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
2.3.4
Menyebutkan macam-macam alat
komunikasi masa lalu dan
masa kini (modern).
2.3.5
Membandingkan/membedakan jenis
teknologi komunikasi masa lalu dan masa kini (modern)
2.3.6
Menjelaskan manfaat teknologi komunikasi masa
lalu dan masa kini (modern).
|
Tes
Tulis
|
Uraian
|
1.
Alat komunikasi apa saja yang termasuk ke dalam komunikasi
masa lalu (tradisional)?
2.
Alat
komunikasi pada masa lalu yang berbentuk bundar
terbuat dari besi atau perunggu adalah?
3.
Apa saja kelebihan alat komunikasi masa kini (modern)
dibandingkan dengan alat komunikasi masa lalu?
4.
Apa komunikasi kentongan bisa dipakai untuk?
5.
Alat komunikasi telepon bisa dipakai untuk?
|
Kunci jawaban instrumen/soal
1.
Kentongan,
Bandhe, Surat menggunakan daun, Kurir, dan tali Pohon
2.
Gong
3.
Menyampaikan
informasi lebih cepat
Jangkauan lebih luas
Berita mudah di simpan
4.
Memanggil warga
desa melakukan kerja bakti
Memanggil
warga desa agar berkumpul dibalai desa
Memeberitahu
warga kalau ada warga yang meninggal dunia
Memberitahu
warga kalau terjadi bencana alam, misalnya banjir, gunung meletus, kebakaran
dan lain sebagainya.
5.
Untuk
berkomunikasi jarak jauh baik di dalam dan luar negeri
PEDOMAN PENILAIAN
Keterangan :
ü
Nilai 2 apabila dalam menjawab soal benar.
ü
Nilai 1 apabila dalam menjawab soal kurang sesuai
atau ada
sebagaian yang salah.
ü
Nilai 0 apabila dalam menjawab soal salah.
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X
100
FORMAT KRITERIA
PENILAIAN
1.
PRODUK
No.
|
Aspek yang
Dinilai
|
Kriteria
Penilaian
(skor)
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Ketekunan dalam menyusun
puzzle alat-alat teknologi komunikasi
|
|
|
|
|
2.
|
Kesesuaian dalam menentukan
manfaat dari alat-alat teknologi komunikasi
|
|
|
|
|
Keterangan :
Skor 4 menunjukan siswa baik sekali terhadap aspek
yang dinilai
Skor 3 menunujukan baik terhadap
aspek yang dinilai
Skor 2 menunjukan cukup terhadap
aspek yang dinilai
Skor 1 menunjukan kurang terhadap aspek yang dinilai
3.
SIKAP
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
|||||
Disiplin
|
Tekun
|
Rasa Ingin Tahu
|
Tanggung
|
Kerja Sama
|
Percaya Diri
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
PSIKOMOTOR
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
*Pengetahuan
*Kadang-kadang Pengetahuan
*Tidak Pngetahuan
*Aktif Praktek
*Kadang-kadang aktif
*Tidak aktif
*Sikap
*Kadang-kadang Sikap
*Tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR
PENILAIAN
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
||
Produk
|
Sikap
|
Psikomotor
|
||
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X
10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan
Remedial.
Serang,
…………………………………………
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SD Guru Kelas IV
(________________________________)
(_______________________________)
NIP
: NIP
:
RANGKUMAN MATERI
Perkembangan
Teknologi Komunikasi
Komunikasi merupakan kebutuhan hidup manusia yang
sangat penting. Kita tidak dapat berhubungan dengan orang lain di tempat yang
jauh kalau tidak ada alat komunikasi. Berkomunikasi artinya menyampaikan maksud
atau pesan kepada orang lain dan memahami maksud atau keinginan orang lain.Teknologi
komunikasi berkembang dari yang sederhana ke teknologi yang modern.
Ada dua jenis alat komunikasi, yaitu alat komunikasi
masa lalu (tradisional) dan alat komunikasi masa kini (modern).
1.
Teknologi komunikasi masa lalu (tradisional)
Pada
masa lalu sudah terdapat alat komunikasi. Alat komunikasi yang dipakai masih
sangat sederhana. Bentuk alat komunikasi masa lalu antara lain adalah sebagai
berikut:
a.
Kentongan
Kentungan yaitu alat
komunikasi yang terbuat dari bambu atau kayu berongga.alat ini digunakan dengan
cara dipukul dengan menggunakan sebuah alat dari kayu. Kentongan berfungsi
sebagai sarana komunikasi diantara penduduk desa. Kentongan dipakai misalnya
untuk:
Ø Memanggil warga desa melakukan kerja bakti
Ø Memanggil warga desa agar berkumpul dibalai desa
Ø Memeberitahu warga kalau ada warga yang meninggal
dunia
Ø Memberitahu warga kalau terjadi bencana alam,
misalnya banjir, gunung meletus, kebakaran dan lain sebagainya.
b.
Gong
Bandhe yaitu alat
komunikasi berbentuk bundar terbuat dari besi atau perunggu. Pada masa lalu
bandhe digunakan oleh kerajaan untuk memanggil warganya.
c.
Surat
menggunakan daun
Surat atau tulisan pada
masa lalu di tulis diatas daun lontar atau daun nipah. Selain daun, pada masa
lalu sudah terdapat surat yang ditulis pada kulit binatang.
d.
Kurir
Kurir adalah orang yang
ditunjuk untuk membawa pesan khusus. Pesan khusus itu bisa dalam bentuk surat
atau lisan. Isinya biasanya adalah pesan rahasia antarkerajaan.
e.
Tali Pohon
Cara ini digunakan pada
masa penjajahan. Seutas tali yang panjang dibentangkan dari satu pohon ke pohon
lainnya. Tali itu menjadi alat komunikasi dari satu tempat pengintaian ke
perkampungan. Di ujung tali diberi kaleng atau alat-alat bila ditarik akan
mengeluarkan bunyi-bunyian. Bunyi-bunyian ini merupakan tanda bahaya bagi
penduduk desa agar dapat berlindung ke tempat yang lebih aman.
2.
Teknologi komunikasi masa kini (modern)
Pada
masa kini, alat atau media komunikasi makin berkembang dan canggih. Beberapa media dann cara berkomunikasi masa
kini diantaranya sebagai berikut :
a.
Surat
Ada beberapa macam
surat. Jika dilihat dari bentuk, isi, dan bahsanya, surat dapat dibedakan
menjadi tiga macam yaitu:
Ø
Surat pribadi
adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang isinya menyangkut kepentingan
pribadi. Misalnya antara orangtua dan anaknya yang pergi merantau.
Ø
Surat dinas atau
surat resmi dibuat oleh kantor pemerintahan dari tingkat terendah sampai
pemerintah pusat.
Ø
Surat niaga
dibuat oleh para pelaku perdangan. Isi surat adalah soal jual beli
barang-barang.
b.
Surat kabar dan
majalah
Surat kabar dan majalah
memuat berita atau informasi mengenai peristiwa-peristiwa yang terjadi
diberbagai tempat secara aktual. Selain itu surat kabar dan majalah dapat digunakan
sebagai sarana menambah pengetahuan serta hiburan.
c.
Telepon/handphone/smartphone
Pesawat telepon pertama
kali ditemukan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876 di Amerika Serikat. Telepon
adalah alat komunikasi jarak jauh. Cara menggunakannya cukup dengan menekan
atau memutar nomor yang hendak kita tuju. Pesawat telepon mengalami
perkembangan. Saat ini sudah banyak orang yang menggunakann telepon yang tidak
berkabel yang dinamakan telepon gennggam (handphone).
d.
Radio
Radio pertama kali
ditemukan oleh Guglielmo Marconi asal Bologna, Italia. Pada masa penjajhan dulu
radio digunakan untuk mengobarkan semangat perjuangan. Sedangkan pada masa
sekrang ini radio digunakan sebagai saran informasi dan hiburan.
e.
Televisi
Kita dapat memperoleh
berbagai informasi, baik dari dalam negeri maupun luar negeri melalui tayangan
televisi. Pasca dibangun Sistem Komunikasi Satelit Domestik (SKSD) Palapa,
perluasan jaringan penyiaran televisi menjadi makin luas. Stasiun televisi
telah dikembangkan oleh pemerintah maupun swasta.
f.
Internet
Saat ini sudah ada
media komunikasi yang sangat canggih. Media komunikasi tersebut dikenal dengan
istilah internet. Peralatan yang digunakan untuk berkomunikasi melalui internet
adalah komputer. Melalui internet kita dapat berkomunikasi dengan orang lain di
seluruh dunia. Kita juga dapat membaca berita, mengirim atau menerima gambar, mengirim atau menerima
surat melalui email, facebook, twitter, chatting dan sebagainya.
LEMBAR KERJA SISWA
NAMA SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
KELAS/SEMESTER : IV (EMPAT) / II (DUA)
MATERI POKOK : PERKEMBANGAN
TEKNOLOGI KOMUNIKASI
Nama anggota
kelompok :
1.
2.
3.
4.
5.
Diskusikanlah dengan teman
kelompokmu!
1. Susunalah
puzzle yang telah disediakan oleh guru
2. Tuliskan
gambar puzzle pada tabel dibawah ini!
3. Tentukanlah
jenis teknologi komunikasi tersebut
4. Sebutkanlah
manfaat dari alat komunikasi tersebut dalam kehidupan sehari-hari
Nama Alat komunikasi
|
Teknologi masa lalu (tradisional)
|
Teknologi masa kini (modern)
|
Manfaat bagi kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar