Minggu, 04 Oktober 2015

contoh rpp ips kelas 4 sd materi Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH               :
MATA PELAJARAN          : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS/SEMESTER           : IV (EMPAT) / II (DUA)
MATERI POKOK                : PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI
ALOKASI WAKTU             : 2 x 35 menit

I.                   Standar Kompetensi
2.             Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten / kota dan   provinsi.

II.                Kompetensi Dasar
2.3         Mengenal perkembangan teknologi produksi komunikasi dan transportasi serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

III.              Indikator
2.3.4   Menyebutkan macam-macam alat komunikasi masa lalu dan                                             masa kini (modern).
2.3.5   Membandingkan/membedakan jenis teknologi komunikasi masa lalu dan masa kini (modern)
2.3.6   Menjelaskan manfaat teknologi komunikasi masa lalu dan masa kini (modern).

IV.              Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah mendengarkan pemaparan guru siswa mampu menyebutkan macam-macam alat komunikasi masa lalu dan masa kini (modern).
2.      Setelah bertanya jawab siswa mampu membedakan jenis teknologi komunikasi masa lalu dan masa kini (modern).
3.      Setelah berdiskusi kelompok siswa mampu menjelaskan manfaat teknologi komunikasi masa lalu dan masa kini (modern).

V.                Karakter Siswa yang Diharapkan
ü   Disiplin
ü   Tekun
ü   Rasa ingin tahu
ü   Tanggung jawab
ü   Kerja sama
ü   Percaya diri

VI.             Materi Pembelajaran
Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi.
2.   Teknologi komunikasi (uraian materi terlampir).

VII.          Model Dan Metode Pembelajaran
Model           : Pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement
  Divisions).
Metode         : ceramah, tanya jawab, diskusi dan penugasan.

VIII.       Langkah Kegiatan Pembelajaran
a.       Kegiatan Pendahuluan
1.             Guru memasuki kelas dengan mengucapkan salam dan menanyakan kabar peserta didiknya.
2.             Guru menginstruksikan siswa untuk melihat kebersihan disekelililngnya dan membuang sampah pada tempatnya.
3.             Guru meninstruksikan KM untuk memimpin doa sebelum belajar dan mengabsen siswa.
4.             Guru melakukan apersepsi dangan bertanya  jawab mengenai hal-hal yang berkaitan dengan teknologi komunikasi.
5.             Guru menyamapaikan tujuan pembelajaran.

b.      Kegiatan Inti
1.             Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok secara heterogen yang berisi 4-6 siswa.
2.             Guru melakukan presentasi dengan menjelaskan materi dengan menggunakan media gambar.
3.             Selama presentasi, guru melibatkan siswa secara aktif dengan kegiatan bertanya jawab.
4.             Setelah selesai, guru memeberikan lembar kegitan siswa (LKS) berupa puzzle yang harus disusun oleh setiap kelompok. Kemudian setiap kelompok berdiskusi mengenai manfaat dari alat-alat teknologi komunikasi bagi kehidupan sehari-hari.
5.             Selama kegiatan diskusi, guru membolehkan siswa yang cepat belajar untuk mengajari siswa yang lambat belajar sehingga akhirnya semua siswa akhirnya menjadi tahu.
6.             Setelah waktu diskusi selesai, setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.
7.             Untuk mengukur seberapa jauh kemampuan siswa, guru memberikan penuguasan kepada setiap siswa. Dalam hal ini tidak boleh ada siswa yang saling memberi tahu.
8.             Setelah selesai, guru melakukan evaluasi dan penguatan terhadap kegaitan pembelajaran.
9.             Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami.

c.       Kegiatan Akhir
1.      Guru membimbing siswa, memberi kesempatan kepada siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran.
2.      Guru menyampaikan materi pelajaran yang akan disampaikan pada pertmeuan selanjutnya.
3.      Sebelum mengakhiri kegiatan pembelajaran, guru menginstruksikan km untuk menutup pembelajaran dengan berdoa.

IX.             Sumber Dan Media Pembelajaran
Hisnu P., Tantya dan Winardi. (2008). Ilmu Pengetahuan Sosial 4 : Untuk SD/MI Kelas
IV. Jakarta: PT  Galaxy Puspa Mega.
Gambar-gambar yang relevan
Puzzle

X.                Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
2.3.4    Menyebutkan macam-macam alat komunikasi masa lalu dan                                             masa kini (modern).
2.3.5    Membandingkan/membedakan jenis teknologi komunikasi masa lalu dan masa kini (modern)
2.3.6    Menjelaskan manfaat teknologi komunikasi masa lalu dan masa kini (modern).
Tes Tulis
Uraian
1.      Alat komunikasi apa saja yang termasuk ke dalam komunikasi masa lalu (tradisional)?
2.      Alat komunikasi pada masa lalu yang berbentuk bundar terbuat dari besi atau perunggu adalah?
3.      Apa saja kelebihan alat komunikasi masa kini (modern) dibandingkan dengan alat komunikasi masa lalu?
4.      Apa komunikasi kentongan bisa dipakai untuk?
5.      Alat komunikasi telepon bisa dipakai untuk?
Kunci jawaban instrumen/soal
1.      Kentongan, Bandhe, Surat menggunakan daun, Kurir, dan tali Pohon
2.      Gong
3.      Menyampaikan informasi lebih cepat
Jangkauan lebih luas
Berita mudah di simpan
4.      Memanggil warga desa melakukan kerja bakti
Memanggil warga desa agar berkumpul dibalai desa
Memeberitahu warga kalau ada warga yang meninggal dunia
Memberitahu warga kalau terjadi bencana alam, misalnya banjir, gunung meletus, kebakaran dan lain sebagainya.
5.      Untuk berkomunikasi jarak jauh baik di dalam dan luar negeri

PEDOMAN PENILAIAN
Keterangan :
ü   Nilai 2 apabila dalam menjawab soal benar.
ü   Nilai 1 apabila dalam menjawab soal kurang sesuai atau ada
sebagaian yang salah.
ü   Nilai 0 apabila dalam menjawab soal salah.
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 100





FORMAT KRITERIA PENILAIAN
1.      PRODUK
No.
Aspek yang Dinilai
Kriteria Penilaian
(skor)
4
3
2
1
1.
Ketekunan dalam menyusun puzzle alat-alat teknologi komunikasi




2.                     
Kesesuaian dalam menentukan manfaat dari alat-alat teknologi komunikasi




Keterangan :
                        Skor  4  menunjukan siswa baik sekali terhadap aspek yang dinilai
                        Skor 3 menunujukan baik terhadap aspek yang dinilai
Skor  2 menunjukan cukup terhadap aspek yang dinilai
Skor 1 menunjukan kurang terhadap aspek yang dinilai
3.      SIKAP
No.
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Disiplin
Tekun
Rasa Ingin Tahu
Tanggung
Kerja Sama
Percaya Diri


















4.      PSIKOMOTOR
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.        





2.       





Pengetahuan



Praktek



Sikap
*Pengetahuan
*Kadang-kadang Pengetahuan
*Tidak Pngetahuan

*Aktif  Praktek
*Kadang-kadang aktif
*Tidak aktif

*Sikap
*Kadang-kadang Sikap
*Tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1



 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Sikap
Psikomotor














  
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                          Serang, …………………………………………

Mengetahui,
Kepala Sekolah SD                                                                  Guru Kelas IV


(________________________________)             (_______________________________)
NIP :                                                                      NIP :

RANGKUMAN MATERI

Perkembangan Teknologi Komunikasi
Komunikasi merupakan kebutuhan hidup manusia yang sangat penting. Kita tidak dapat berhubungan dengan orang lain di tempat yang jauh kalau tidak ada alat komunikasi. Berkomunikasi artinya menyampaikan maksud atau pesan kepada orang lain dan memahami maksud atau keinginan orang lain.Teknologi komunikasi berkembang dari yang sederhana ke teknologi yang modern.
Ada dua jenis alat komunikasi, yaitu alat komunikasi masa lalu (tradisional) dan alat komunikasi masa kini (modern).
1.             Teknologi komunikasi masa lalu (tradisional)
Pada masa lalu sudah terdapat alat komunikasi. Alat komunikasi yang dipakai masih sangat sederhana. Bentuk alat komunikasi masa lalu antara lain adalah sebagai berikut:
a.         Kentongan
Kentungan yaitu alat komunikasi yang terbuat dari bambu atau kayu berongga.alat ini digunakan dengan cara dipukul dengan menggunakan sebuah alat dari kayu. Kentongan berfungsi sebagai sarana komunikasi diantara penduduk desa. Kentongan dipakai misalnya untuk:
Ø  Memanggil warga desa melakukan kerja bakti
Ø  Memanggil warga desa agar berkumpul dibalai desa
Ø  Memeberitahu warga kalau ada warga yang meninggal dunia
Ø  Memberitahu warga kalau terjadi bencana alam, misalnya banjir, gunung meletus, kebakaran dan lain sebagainya.
b.         Gong
Bandhe yaitu alat komunikasi berbentuk bundar terbuat dari besi atau perunggu. Pada masa lalu bandhe digunakan oleh kerajaan untuk memanggil warganya.
c.         Surat menggunakan daun
Surat atau tulisan pada masa lalu di tulis diatas daun lontar atau daun nipah. Selain daun, pada masa lalu sudah terdapat surat yang ditulis pada kulit binatang.
d.        Kurir
Kurir adalah orang yang ditunjuk untuk membawa pesan khusus. Pesan khusus itu bisa dalam bentuk surat atau lisan. Isinya biasanya adalah pesan rahasia antarkerajaan.
e.         Tali Pohon
Cara ini digunakan pada masa penjajahan. Seutas tali yang panjang dibentangkan dari satu pohon ke pohon lainnya. Tali itu menjadi alat komunikasi dari satu tempat pengintaian ke perkampungan. Di ujung tali diberi kaleng atau alat-alat bila ditarik akan mengeluarkan bunyi-bunyian. Bunyi-bunyian ini merupakan tanda bahaya bagi penduduk desa agar dapat berlindung ke tempat yang lebih aman.

2.             Teknologi komunikasi masa kini (modern)
Pada masa kini, alat atau media komunikasi makin berkembang dan canggih.  Beberapa media dann cara berkomunikasi masa kini diantaranya sebagai berikut :
a.         Surat
Ada beberapa macam surat. Jika dilihat dari bentuk, isi, dan bahsanya, surat dapat dibedakan menjadi tiga macam yaitu:
Ø   Surat pribadi adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang isinya menyangkut kepentingan pribadi. Misalnya antara orangtua dan anaknya yang pergi merantau.
Ø   Surat dinas atau surat resmi dibuat oleh kantor pemerintahan dari tingkat terendah sampai pemerintah pusat.
Ø   Surat niaga dibuat oleh para pelaku perdangan. Isi surat adalah soal jual beli barang-barang.
b.         Surat kabar dan majalah
Surat kabar dan majalah memuat berita atau informasi mengenai peristiwa-peristiwa yang terjadi diberbagai tempat secara aktual. Selain itu surat kabar dan majalah dapat digunakan sebagai sarana menambah pengetahuan serta hiburan.
c.         Telepon/handphone/smartphone
Pesawat telepon pertama kali ditemukan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876 di Amerika Serikat. Telepon adalah alat komunikasi jarak jauh. Cara menggunakannya cukup dengan menekan atau memutar nomor yang hendak kita tuju. Pesawat telepon mengalami perkembangan. Saat ini sudah banyak orang yang menggunakann telepon yang tidak berkabel yang dinamakan telepon gennggam (handphone).
d.        Radio
Radio pertama kali ditemukan oleh Guglielmo Marconi asal Bologna, Italia. Pada masa penjajhan dulu radio digunakan untuk mengobarkan semangat perjuangan. Sedangkan pada masa sekrang ini radio digunakan sebagai saran informasi dan hiburan.
e.         Televisi
Kita dapat memperoleh berbagai informasi, baik dari dalam negeri maupun luar negeri melalui tayangan televisi. Pasca dibangun Sistem Komunikasi Satelit Domestik (SKSD) Palapa, perluasan jaringan penyiaran televisi menjadi makin luas. Stasiun televisi telah dikembangkan oleh pemerintah maupun swasta.
f.          Internet
Saat ini sudah ada media komunikasi yang sangat canggih. Media komunikasi tersebut dikenal dengan istilah internet. Peralatan yang digunakan untuk berkomunikasi melalui internet adalah komputer. Melalui internet kita dapat berkomunikasi dengan orang lain di seluruh dunia. Kita juga dapat membaca berita, mengirim  atau menerima gambar, mengirim atau menerima surat melalui email, facebook, twitter, chatting dan sebagainya.













LEMBAR KERJA SISWA

NAMA SEKOLAH                               :
MATA PELAJARAN           : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
KELAS/SEMESTER                            : IV (EMPAT) / II (DUA)
MATERI POKOK                                : PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI
Nama anggota kelompok             :
1.            
2.             
3.             
4.              
5.            

Diskusikanlah dengan teman kelompokmu!
1.       Susunalah puzzle yang telah disediakan oleh guru
2.       Tuliskan gambar puzzle pada tabel dibawah ini!
3.       Tentukanlah jenis teknologi komunikasi tersebut
4.       Sebutkanlah manfaat dari alat komunikasi tersebut dalam kehidupan sehari-hari


Nama Alat komunikasi
Teknologi masa lalu (tradisional)
Teknologi masa kini (modern)

Manfaat bagi kehidupan sehari-hari






Tidak ada komentar:

Posting Komentar