Minggu, 11 Oktober 2015

pencegahan kekerasan pada anak

Minggu-minggu ini berita dihebohkan kembali dengan pemberitaan tentang pembunuhan dan kekerasan. sasarannya tidak hanya pada orang deswasa akan tetapi kepada anak-anak juga. miris memang, kenapa manusia bisa sekeji itu menyakiti bahkan membunuh anak kecil. kekerasan pada anak sudah sering sekali terjadi di lingkungan sekitar kita, bahkan pelakunya bukan dari orang asing akan tetapi orang-orang terdekat dari korbannya sendiri. kenapa hal ini bisa terjadi? entahlah... mungkin hal ini disebabkan karena kurangnya moral seseorang akibat dari kurangnya ketebalan kepercayaan/keimanan kita terhadap sang pencipta.jika seseorang percaya akan adanya tuahan maka ia akan takut untuk melakukan hal-hal yang keji seperti itu seperti jelas tertera pada ayat suci al-quraan Al-Ankabuut  ayat 45 berbunyi 'Inna sholata tanha 'anil fahsa iwal munkar'. yang artinya "Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan munkar….”. jika seseorang kerap beribdah dan percaya kepada tuhan dan yakin akan adanya syurga dan neraka maka hal-hal yang tidak diinginkan seperti ini tidak akan terjadi.

kekerasan pada anak memeliki jenisnya yaitu apabila seorang anak mengalami kekerasan secara fisik dan psikis, kekerasan tersebut dapat berbentuk :
  • Kekerasan fisik diartikan dimana orangtua/orang dewasa menyebabkan anak mengalami cedera fisik. Termasuk ke dalam kekerasan fisik pula jika orangtua tidak dapat memenuhi kebutuhan sandang pangan, termasuk gizi, obat-obatan serta pendidikan mendasar untuk anaknya. Juga apabila orangtua menelantarkan anak-anaknya dalam jangka waktu yang lama.
  • Kekerasan psikis adalah bila orangtua tidak memberikan support, dorongan serta bimbingan pada anak. Selain itu, tindakan orangtua yang selalu mencari-cari kesalahan anak dan kerapkali meremehkannya juga digolongkan sebagai kekerasa psikis.
  • Kekerasa seksual adalah bila seorang anak dilecehkan secara seksual oleh orang dewasa berapapun usianya. Para pelakunya bisa saja orang, dewasa, remaja ataupun anak seusianya.
setelah mengetahui bebertapa jenis kekerasan pada anak sebagai orang dewasa kita patut mewaspadai agar-agar hal yang tidak diinginkan ini tidak terjadi pada diri kita dan orang-orang tercinta. untuk itu, di bawah ini akan sedikit dijelaskan tentang bagaimana cara pencegahannya:


1.      Ajarkan untuk melindungi diri sendiri. dengan mengajarkan anak untuk melindungi dirinya sendiri anak mampu menolak bahkan melawan jika ada perlakuan tidak senonoh yang dilakukan oleh orang yang akan menyakitinya.

2.       Mengajarkanh anak untuk tidak mudah tergiur dengan bujuk rayu orang. Apalagi orang asing atau baru dikenal.

3.       Mengajarkan anak untuk tetap waspada dengan orang-orang disekelilingnya.

4.       Sebagai orang dewasa apabila kita melihat kekerasan kita wajib melaporkan kepada pihak yang beerwajib dan menolong korban kekerasan tersebut karena anak yang mendapatklan kekerasan membuituhkan perhatian ekstra dari orang-orang di sekelilingnya.

untuk itu marilah kita stop kekerasan pada anak, karena anak-anak merupakan harapan bangsa!









a

Tidak ada komentar:

Posting Komentar