TABEL ANALISIS
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : IV
(empat) / II (dua)
Alokasi Waktu : 2 x 35
menit
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Model
|
Metode
|
Media
|
Sintak
|
1.
|
2.
Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan
kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten / kota dan
provinsi
|
2.3
Mengenal perkembangan
teknologi produksi komunikasi dan transportasi serta manfaat dalam kehidupan
sehari-hari
|
2.3.4
Menyebutkan macam-macam alat komunikasi masa lalu
dan
masa kini (modern).
2.3.5
Membandingkan/membedakan jenis teknologi komunikasi
masa lalu dan masa kini (modern)
2.3.6
menyebutkan manfaat teknologi komunikasi masa
lalu dan masa kini (modern).
|
Perkembanngan teknologi komunikasi
|
Pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions)
|
·
Ceramah
·
Tanya jawab
·
Diskusi
·
penugasan
|
Gambar dan Puzzle
|
1.
guru membentuk kelompok heterogen yang berisi
4-6 siswa.
2.
Guru melakukan presentasi dengan menjelaskan
atau memaparkan materi pembelajaran.
3.
Guru memeberikan tugas kepada kelompok untuk
berdiskusi.
4.
Guru membolehkan siswa yang cepat belajar
untuk mengajari siswa yang lambat belajar sehingga akhirnya semua siswa
akhirnya menjadi tahu.
5.
Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja
kelompoknya.
6.
Guru memberikan penuguasan kepada setiap
siswa. Dalam hal ini tidak boleh ada siswa yang saling member tahu.
7.
Guru melakukan refleksi.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar