RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah
: ..............................
Mata
Pelajaran
: Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester
: V/ I
Pertemuan
Ke
: 13
Alokasi
Waktu
: 2 x 35 Menit
SENI TARI
Standar Kompetensi:
5. Mengapresiasi karya seni tari
I. Kompetensi Dasar :
5.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap
keunikan gerak, busana, dan perlengkapan karya seni tari Nusantara daerah lain
II. Tujuan Pembelajaran**
Mengapresiasi keunikan gerak, busana, dan perlengkapan karya seni tari
Nusantara daerah lain
v Karakter siswa
yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Percaya diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
Apresiasi Tari
IV. Metoda Pembelajaran
1. apersepsi
(pengamatan)
2.
deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
3. ekspositori
(menerangkan)
4. tanya jawab
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan pengamatan gambar, foto dan film tentang gerak, busana dan
perlengkapan seni tari daerah lain
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif
tentang keistimewaan dan keunikan gerak, busana dan perlengkapan seni tari
daerah lain
F Mengeksposisi tentang keistimewaan dan
keunikan gerak, busana dan perlengkapan seni tari daerah lain
F memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis
yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal
yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran
VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a. Buku paket SBK standar isi 2006
b. Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
c. CD Film dokumenter
d. Gambar atau foto
VII.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Mengamati
gambar , foto, film atau model tentang gerak, busana, dan perlengkapan seni
tari Nusantara daerah lain
·
Mengidentifikasi
keistimewahan dan keunikan karya seni tari daerah lain
·
Mengapresiasi
keunikan dan keistimewahan gerak, busana dan perlengkapan seni tari Nusantara
daerah lain
|
Tes lisan dan tulisan
|
Isian dan uraian
|
· Bagaimana sikap apresiatif terhadap keuni kan gerak, busana, dan per
lengkapan karya seni tari Nusan tara daerah lain.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala
Sekolah
Guru Mapel SBK
..................................
..................................
NIP :
NIP :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar